Untuk mengenal mesin injeksi, alangkah baiknya kita mengetahui komponen – komponennya terlebih dahulu yang telah di tanamkan pada mesin berjenis fuel injector/injeksi. Dan apa sajakah fungsi dan kinerjanya.
Berikut ini adalah komponen – komponen dan fungsinya :
1. ECM ( Eletrnic Contro Module )
Fungsi dari Eletrnic Contro Module ini yaitu untuk menerima sinyal dari berbagai sensor. Nah, untuk sensor sendiri yakni bekerja di berbagai kendaraan operasional mesin, lalu Eletrnic Contro Module akan mengolah data dan akan membandingkan dengan parameter yang sudah ada, setelah itu memerintahkan Actuator/Output untuk melayani kebutuhan pada mesin.
2. IAT ( Intake Air Temperature Sensor )
Alat Intake Air Temperature Sensor (IAT) ini berfungsi untuk medeteksi suhu udara yang akan masuk ke intake manifold. Hal tersebut berpengaruh terhadap Air Fuel Ratio Correction atau disebut juga dengan campuran bahan bakar dengan udara. Ya dengan kata lain yaitu volume bahan bakar yang di semprotkan injector ke intake manifold dipengaruhi oleh suhu udara yang akan masuk ke intake manifold.
3. TP ( Trottle Position Sensor )
Trottle Position berfungsi untuk mendeteksi derajat pembukaan Throttle Valve atau disebut juga dengan skep gas yang akan berpengaruh terhadap beban maksimum / fuel load, Air fuel Rasio correction, Accelerasi dan juga Declerasi.
4. MAP ( Manifold Absolute Pressure )
Manifold Absolute Pressure ini bertujuan untuk mendeteksi kevakuman yang terjadi di bagian intake manifold.
5. BAS ( Bank Angle Sensor )
Bank Angle Sensor ini bertujuan untuk mematikan mesin pada saat mesin berada pada sudat kemiringan lebih dari 55,5 drajat. Bank Angle Sensor ini akan berfungsi ketika anda terjatuh dari motor, maka motor tersebut akan mati secara otomatis mesinnya, hal tersebut untuk menghindari mesin terbakar. ECM akan mematikan daya listrik ke fuel pump dan engine electrical System.
CATATAN : mesin akan mengalami mati jika kemiringan tersebut terjadi sampai 5 detik.
6. Engine Oil Temperature
Alat tersebut berfungsi untuk medeteksi panas oli yang berada di dalam mesin.
7. Injector
Fungsi dari Injector yaitu untuk menyemprotkan bahan bakar ke intake manifold untuk membutuhkan pembakaran pada ruang silinder.
8. Fuel Pamp/Pompa Bensin
Fuel pamp berfungsi untuk memompa dan mengalirkan bahan bakar dari tangki motor ke dalam injector. Tekanan pada Pompa bensin tersebut sekitar 294kPa.
Berikut ini adalah komponen – komponen dan fungsinya :
1. ECM ( Eletrnic Contro Module )
Fungsi dari Eletrnic Contro Module ini yaitu untuk menerima sinyal dari berbagai sensor. Nah, untuk sensor sendiri yakni bekerja di berbagai kendaraan operasional mesin, lalu Eletrnic Contro Module akan mengolah data dan akan membandingkan dengan parameter yang sudah ada, setelah itu memerintahkan Actuator/Output untuk melayani kebutuhan pada mesin.
2. IAT ( Intake Air Temperature Sensor )
Alat Intake Air Temperature Sensor (IAT) ini berfungsi untuk medeteksi suhu udara yang akan masuk ke intake manifold. Hal tersebut berpengaruh terhadap Air Fuel Ratio Correction atau disebut juga dengan campuran bahan bakar dengan udara. Ya dengan kata lain yaitu volume bahan bakar yang di semprotkan injector ke intake manifold dipengaruhi oleh suhu udara yang akan masuk ke intake manifold.
3. TP ( Trottle Position Sensor )
Trottle Position berfungsi untuk mendeteksi derajat pembukaan Throttle Valve atau disebut juga dengan skep gas yang akan berpengaruh terhadap beban maksimum / fuel load, Air fuel Rasio correction, Accelerasi dan juga Declerasi.
4. MAP ( Manifold Absolute Pressure )
Manifold Absolute Pressure ini bertujuan untuk mendeteksi kevakuman yang terjadi di bagian intake manifold.
5. BAS ( Bank Angle Sensor )
Bank Angle Sensor ini bertujuan untuk mematikan mesin pada saat mesin berada pada sudat kemiringan lebih dari 55,5 drajat. Bank Angle Sensor ini akan berfungsi ketika anda terjatuh dari motor, maka motor tersebut akan mati secara otomatis mesinnya, hal tersebut untuk menghindari mesin terbakar. ECM akan mematikan daya listrik ke fuel pump dan engine electrical System.
CATATAN : mesin akan mengalami mati jika kemiringan tersebut terjadi sampai 5 detik.
6. Engine Oil Temperature
Alat tersebut berfungsi untuk medeteksi panas oli yang berada di dalam mesin.
7. Injector
Fungsi dari Injector yaitu untuk menyemprotkan bahan bakar ke intake manifold untuk membutuhkan pembakaran pada ruang silinder.
8. Fuel Pamp/Pompa Bensin
Fuel pamp berfungsi untuk memompa dan mengalirkan bahan bakar dari tangki motor ke dalam injector. Tekanan pada Pompa bensin tersebut sekitar 294kPa.
0 Komentar untuk "8 Komponen Mesin Injeksi dan Fungsinya"