Mesin
diesel adalah salah satu motor pembakar dalam (internal combustion
engine) selain motor bensin dan turbin gas. Motor pembakar dalam yaitu
motor yang proses kerjanya dilakukan di dalam mesin, contohnya motor
bensin, motor diesel, turbin gas. Sedangkan motor pembakar luar adalah
motor yang proses kerjanya dilakukan di luar mesin, misalnya kereta uap.
Demikian ini informasi mengenai prinsip kerja mesin diesel dan cara kerjanya. Semoga bermanfaat..
Prinsip
yang harus diingat pada motor diesel, yaitu bahwa pada mesin atau
motor diesel hanya udara saja yang dihisap ke dalam ruang bakar.
Sedangkan pada mesin atau motor bensin yang dihisap ke dalam ruang
bakar adalah bahan bakar atau bensin (yang sebelumnya telah dicampur
dengan udara di karburator). Jadi pada mesin diesel hanya udara saja
yang dihisap masuk ke ruang bakar lalu udara murni tersebut
dikompresikan hingga mencapai suhu dan tekanan yang tinggi. Selanjutnya
beberapa derajat sebelum piston sampai pada titik mati atas (TMA), bahan
bakar solar disemprotkan atau diinjeksikan ke dalam ruang bakar. Karena
suhu dan tekanan udara di dalam ruang bakar cukup tinggi maka
partikel-partikel bahan bakar solar tadi akan terbakar dengan sendirinya
sehingga terjadilah proses pembakaran. Rasio kompresi yang diperlukan
untuk dapat membakar bahan bakar solar dengan sendirinya adalah sebesar
15-22 sedangkan suhu udara kompresinya kira-kira 600 derajat celsius.
Pada
mesin diesel memang tidak diperlukan sistem pengapian seperti pada
motor bensin, namun diperlukan sistem injeksi bahan bakar yang berupa
pompa injeksi dan pengabut dan juga ada yang menggunakan busi pijar
(alat bantu pemanas) serta alat bantu lain. Selain itu bahan bakar pada
mesin diesel harus mempunyai sifat bisa terbakar sendiri (self
ignition). Lebih detail tentang prinsip kerja mesin diesel atau cara
kerja motor diesel adalah sebagai berikut ini:
Langkah Hisap
Langkah
hisap yaitu torak bergerak dari titik mati atas (TMA) ke titik mati
bawah (TMB). Udara (ingat yang diisap pada mesin diesel adalah UDARA
saja) dihisap melalui katup atau saluran hisap. Sehingga katup hisap
dalam kondisi membuka dan katup buang dalam kondisi tertutup.
Langkah Kompresi
Cara
kerja mesin diesel pada langkah kompresi, ketika torak atau piston
bergerak dari TMB menuju TMA, udara murni tersebut dipampatkan atau
dikompresikan seiring dengan bergeraknya katup ke TMA. Posisi katup
hisap dan katup buang tertutup. Dengan kompresi ini maka suhu udara dan
tekanan udara meningkat atau naik drastis.
Langkah Usaha
Cara
kerja mesin diesel pada langkah usaha, meneruskan langkah kompresi,
kemudian beberapa derajat sebelum piston mencapai TMA, bahan bakar solar
disemprotkan atau diinjeksikan oleh pengabut ke dalam ruang bakar
sehingga bercampur dengan udara bertekanan tinggi dan suhu tinggi tadi,
maka terjadilah pembakaran. Pada langkah usaha ini, piston mulai
bergerak dari TMA menuju TMB akibat adanya dorongan hasil ledakan proses
pembakaran. Pada saat terjadi pembakaran katup hisap dan katup buang
keduanya menutup. Namun diakhir atau menjelang akhir langkah usaha,
katup buang mulai membuka.
Langkah Buang
Cara
kerja mesin diesel pada langkah buang, ketika piston akan sampai atau
menjelang sampai di TMB, katup buang mulai terbuka sehingga gas sisa
hasil pembakaran terbuang dan kemudian piston bergerak lagi dari TMB ke
TMB mendorong gas sisa pembakaran keluar sehingga bersih dari gas sisa
pembakaran.
Demikian ini informasi mengenai prinsip kerja mesin diesel dan cara kerjanya. Semoga bermanfaat..
1 Komentar untuk "Prinsip Mesin Diesel dan Cara Kerjanya"
Complete your vehicle with discount accessories up to 50%. For more complete information, visit our website here https://otomotif71.wordpress.com/